Windows Registry


Setiap aplikasi yang dijalankan pada sistem operasi Windows, pada saat pertama-tama dijalankan akan melakukan konsultasi kepada Registry. Misalkan kita membuka suatu file, maka Windows akan berkonsultasi dulu ke registry untuk menggambarkan apa yang akan dilakukan. Ketika kita menginstal suatu perangkat, maka Windows akan menugaskan sumber daya (resources) kepada perangkat berdasar informasi yang ada dalam registry dan kemudian menyimpan konfigurasi perangkat itu ke dalam registry. Ketika kita menjalankan suatu aplikasi semisal Microsoft Word, maka aplikasi akan mencari pengaturan/preferences di dalam registry. Dengan begitu, selama suatu sesi normal, registry melakukan banyak pelayanan bahkan beribu-ribu nilai-nilai/values.

Disini kita akan belajar bagaimana cara menentukan pengaturan/customize pada registry, melakukan pemeliharaan terhadap registry, mencadangkan/backup untuk mencegah kesalahan fatal jika terjadi hal-hal kesalahan dalam melakukan pengaturan registry, dan melakukan edit registry dengan benar. Kita akan belajar melacak pengaturan-pengaturan Windows dan program lainnya yang tersimpan dalam registri. Kita akan belajar bagaimana menulis skrip untuk mengedit registry. Kebanyakan setiap seting kebijakan/policies pada Group Policy dan system policies ada di dalam registry. Dengan registry, kita bisa dengan cepat melakukan pengaturan-pengaturan dengan membuat skrip sesuai yang kita inginkan.

Environment variable yang perlu diketahui:
  • %USERPROFILE% merepresentasikan folder profil pengguna yang sedang digunakan. Jadi, jika Kita log on ke komputer sebagai User maka folder profil kita berada di C:\Documents and Settings\User.
  • %SYSTEMDRIVE% adalah lokasi drive yang berisikan file-file sistem Windows. Biasanya pada drive C, tetapi jika kita menginstal Windows pada drive yang berbeda, atau mungkin memakai dual-boot, sehingga ada kemungkinan akan berada di drive D, E, dan sebagainya.
  • %SYSTEMROOT% adalah lokasi folder yang berisikan sistem operasi Windows. Biasanya C:\Windows, tetapi jika kita melakukan upgrade, misal dari Windows NT atau Windows 2000, maka kemungkinan lokasi foldernya C:\Winnt.


Karna saya tidak punya banyak waktu luang, Saya akan lanjutkan sedikit demi sedikit setiap ada waktu untuk ngeBlog... *Bersambung.....

 
Design by FThemes | Blogger Theme by Lasantha - Free Blogger Themes | NewBloggerThemes.com